Assalamu'alaikum

Tiada kesempurnaan hari tanpa dimulai dengan pagi...Tiada kesempurnaan ibadah tanpa dimulai dengan Bismillah...Tiada kesempurnaan lisan tanpa di Mulai dengan Tersenyum ^___^ Assalamu'alaikum..Selamat berlayar di samudra Inspirasiku...Semoga sedikit yang aku tuang bisa bermanfaat untuk semua...Salam Persahabatan...^____^




Friday, April 22, 2011

Tragedi Jemuran


Sejak tinggal  di Balikpapan ini aku jadi sering hujan keringat. Gak siang, gak malam keringat gak pernah absen. Kadang muncul bak embun di atas daun di pagi hari, kadang muncul seperti air yang menggutasi, bahkan tak jarang seperti anak sungai mengucur dari bukit ke lembah.. :D...Eh bener gak sih dari bukit ke lembah, ato dari lembah ke bukit...?? Halah kok jadi dibolak-balik..?? :D..Pokoknya intinya aku mau bilang kalau disini tuh udaranya panas banget (kalo dalam bahasa Jepang Sumuk :D)...Gak tau karena emang disini beneran puaanas atau karena aku aja yang belum terbiasa dan tubuhku masih masa adabtasi jadi keringat keluar abnormal...Bayangin  aja dari kota Batu yang terkenal dingin, sekarang aku tinggal di Balikpapan yang terkenal panas. Jelas aja tubuhku mengalami gejala kekagetan (waduh apa lagi itu istilahnya kok ngawur pool) hehehhe...Ya gitu deh ya, yang penting temen-temen smuanya ngerti. :D

Nah karena banjir keringat itulah akibatnya aku sering ganti baju disini. Gabaimana gak ganti baju, mulai dari pakaian dalam sampe luar mirip kayak kena guyur hujan. Dulu waktu masih di Batu aja walaupun aku olahraga gak bisa sedasyat ini keringatnya, lah disini gak ngapa2in, tidur aja ya bisa keringetan. Nah jadinya cucianku seabrek deh...

Crita ini sebenernya terjadi beberapa minggu lalu waktu aku baru aja pindah ke rumah kontrakan. Jadi critanya hari itu barang-barangku baru datang dari Jawa. Barang yang jumlahnya 4 kali angkut pick up sudah jelas gak mungkin selese ditata hanya dalam waktu sehari. Lagian ini merantau apa pindahan ya..??? Big Question..???? Aku juga bingung mau jawab apa..Ada beberapa tetanggaku disini ‘sama-sama perantauan tp sudah menetap dan sukses disini’ mengajukan pertanyaan emas itu, soalnya mereka bernostalgia. Katanya kalau mereka dulu sih merantau ke Kalimantan ini cuman bawa tiker sama bantal aja, eh aku dan suami kesini malah bawa barang 4pick up...hehehehe...Tapi untung Ma2 mertuaku punya jawaban cerdas. “ Kalau kamu kan ke Kalimantan bukan untuk merantau, tapi mengembangkan bisnis.”. Ehhhmmm emang beda ya?? Whatever lemper super deh..:D..Jadinya hari itu kalau tidak salah hari ketiga aku nata sisa barang-barangku. Intinya beberapa hari setelah barang-barangku datang itu aku jadi sibuk banget. Kerjaan rumah jadi setumpuk, mulai dari pagi sampe malem rasanya gak habis-habis.. . Dan hari itu mulai pagi aku harus tugas di dapur dan kerjaan-kerjaan lainnya, dan aku juga harus nerusin nata barang-barang juga. Bisa bayangin deh temen-temen, gimana seabreknya pekerjaan yang harus aku selesaikan. Tapi rasanya waktu siang tidak cukup untuk menuntaskan semuanya, sampek kurang lebih jam 8 malam aku masih sibuk dengan cucian baju. Untung aja saudaraku berbabaik hati, dan nyuruh aku nyuci baju di mesinnya aja. Wah alhmdulillah banget..Walaupun bilasnya harus tetap manual sih, tapi masih bersyukur bisa ngurangi bebanku karena nyuci baju itu kan yang paling menguras tenaga bagian nguceknya..Wuihhh gak kebayang deh kalau waktu itu disisa tenagaku aku harus ngucek cucian 2 kresek besar dan 1 bag besar...

                                           ****

Sambil menunggu beberapa baju yang masih ada dimesin penggilingan, sedikit demi sedikit baju aku bilas manual.

Setengah bertahan dari kepenatan yang sudah tidak tertahankan lagi aku berusaha memotivasi diriku sambil membilas baju terakhirku. “ Ayo Ika walo boyok-bahasa jawa- kayak mau copot, bertahanlah ini sudah titik penghabisan” Kira2 seperti itu aku jadi cheerleader malam itu.

Aku:  “Akhirnya kerjaanku hampir  mendekati finish.”  Sambil ngemas cucianku yang setengah kering ke dalam kantong kresek.  Terhitung 2 kantong kresek besar dan satu bag ukuran jumbo.
Suamiku: Sudah selesai..??
Aku: Sudah, tolong angkat semua ya mas, kita jemur dirumah aja.

Suamiku aku kasi tugas membawa  sebag dan 2 kresek besar cucian setengah basah , dan aku kebagian satu kresek super besar cucian kering yang aku cuci beberapa hari sebelumnya dan sekalian aku jemur di rumah sodaraku, jadi cucian yang ini tinggal disetrika aja.

Aku dan suami berbondong-bondong jadi kuli angkut baju di hari yang sudah gelap itu.. Kurang  lebih mirip maling jemuran. Soalnya tetangganya sudah pada tidur tapi akunya masih boyong-boyong cucian..Hehehehe...Tapi untung rumah sodaraku dan rumahku gak terlalu jauh. Pfffttt nasib anak rantau....^^

Beberapa menit kemudian sampe juga aku di rumah. Aku sandarkan sekresek cucian kering di samping kreta dorong anakku dan aku bawa kresek lainnya ke belakang untuk aku jemur. Aku liat baju-baju itu, aku menangis dalam hati karena sudah selarut itu aku harus njemur baju sebanyak itu sementara punggungku uda capet banget.  Tapi sabar, aku harus bisa bertahan dan selesekan tugasku itu. Sabar tinggal selangkah lagi. Aku motivasi diriku  sekali lagi.

Cenat-cenut rasanya pungungku dipakek nunduk dan berdiri untuk ambil cucian. Jadi aku panggil aja suamiku yang saat itu sedang ada di bawah untuk bantu aku buat oper cucian. Jadi dia yang ambil cuciannya satu-satu dan estafet ke aku jadi aku tinggal taruh di jemuran dan gak perlu nunduk-nunduk lagi. Ide yang bagus sepertinya. Siapa tau ini bisa jadi momen pertama suamiku bantu aku jemur baju. Hehehe....^^

Aku: “Mas, bantui aku jemur baju dong...”. Suaraku dari atas sambil terus menjemur baju. Dia datang dan seperti yang aku mau dia bantu estafetkan baju yang akan aku jemur.

Suamiku: ow sudah kering banget ternyata ya...
Aku: Iya,  emang kan uda dikeringin di mesin cuci tadi. (sambil mikir biasanya             walaupun sudah dikeringin tapi gak sekering ini)
Aku dan suamiku: sambil ngobrol akhirnya  gak kerasa 2 jemuran sudah penuh cucian. Suamiku berlalu.....
Aku: “ 2 jemuran uda penuh kok cuciannya masih 2 kresek ya???” aku bertanya dalam hati sambil melirik bungkusan kresek disampingku.
Aku masuk ke dalam rumah daaaaannnnnnnn.....
Cucian kering yang aku taruh disamping kreta dorong anakku gak ada lagi...!!!????

Astaqfirullahaladzim.......Ternyata dari tadi cucian yang diestafetkan suamiku adalah cucian kering yang tinggal disetrika. Dia fikir kresek yang aku taruh disamping kreta anakku mau dijemur juga. Dan sementara cucian setengah kerinngnya masih tetap utuh dalam kresek lain..........

Sambil setengah kaget, heran, dongkol, pengen nangis, tapi gak bisa nahan tawa aku panggil  suamiku. Dia hanya bisa ketawa kuda saat aku ceritakan kejadian itu. Padahal aku tadi sudah susah payah bertahan dalam nyeri punggung dan kaki untuk menyelesaikan satu langkah akhir tugasku hari itu. Tapi ternyata kenyataan mengatakan lain. . . . Aku harus ulang lagi pekerjaanku. Pekerjaan yang seharusya sudah selesai.....

Masih tidak percaya dengan apa yang sudah terjadi, aku rebahkan dulu badanku untuk mengurangi penat yang terkumpul seharian. Jam sudah menunjukkan pukul 10 malam. Aku harus memotivasi diriku lagi untuk yang kesekian kali. Aku bangkit dan aku kemas lagi cucian kering ke dalam keranjang dan kujemur semua cucian basah itu sendiri ditemani sunyi. . . . Dalam hatiku berbisik “ suamiku suamiku...Baru sekali ini kamu bantu aku menjemur baju. Tapi ternyata tidak membuat pekerjaannku cepat selesai tapi aku malah harus kerja dua kali lipat lebih lama”....hahahahha....

Bagaimanapun pedihnya kenyataan biar tidak terbawa emosi tetap ingat apa kata Aa'...

Sebuah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.....Tragedi jemuran di perantauan.......:D





No comments:

Post a Comment

Download