Assalamu'alaikum

Tiada kesempurnaan hari tanpa dimulai dengan pagi...Tiada kesempurnaan ibadah tanpa dimulai dengan Bismillah...Tiada kesempurnaan lisan tanpa di Mulai dengan Tersenyum ^___^ Assalamu'alaikum..Selamat berlayar di samudra Inspirasiku...Semoga sedikit yang aku tuang bisa bermanfaat untuk semua...Salam Persahabatan...^____^




Sunday, July 24, 2011

.:: KOPDAR ::.


KOPDAR PERDANA

Alhamdulillah Allah telah memberiku kesemptan dan jalan lagi untuk bisa mendapatkan pengalaman baru hari ini. Sungguh hikmah yang sungguh besar memang. Bermula dari Allah mengirimku menjadi salah satu announcer di MitraFM, walaupun sekarang aku masih belum siaran lagi tapi aku mendapat teman banyak dari situ. Memang Allah memiliki banyak jalan untuk menambah dan memperluas  persaudaraan hambanya. Berawal dari radio, kemudian kita menyambung silaturahmi melalui FB dan akhirnya kita berhasil mengadakan KOPDAR (Kopi Darat) pertama yang waktu itu diadakan di rumah singgah salah satu pendengar mitra tepatnya di daerah Sawojajar. 


Sungguh pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Awalnya kita sama sekali tidak saling tau. Karena di Fb juga beberapa temen tidak menyimpan foto di album mereka jadi kita bener2 tidah tau gimana wajah masing-masing pada awalnya. Alamat rumahnya saat itu aku juga tidak tau. Ditambah lagi aku juga buta rute jalan. Tapi alhamdulillahnya ada salah satu pendengar (The euis) yang pernah datang ke rumah yang akan dijadikan tempat KOPDAR . Jadi waktu itu kita janjian di Suhat kemudian kita berangkat ke tempat tujuan bareng-bareng. 

Tapi walaupun temen Ika itu uda pernah kesana, tapi dia juga tidak hafal jalan juga, karena biasanya dia apa kata pak sopirnya. L Sudah dasar saat itu sopirnya perempuan dan gak hafal jalan pula, yah alhasil muter-muter sebentar gara-gara salah jalur. *sopirnya aku gt lo..dodol-ketauan deh anak rumahan gtw jalan :D*. Dan kitapun akhirnya buntut alias ngekor alias ngikut di belakang mikrolet. Secara gt lo, biasanya kan apa kata pak sopir mikrolet jadi yang diinget ya jalur mikrolet..hehehhe..

Walaupun harus muter2 bentar, akhirnya,,..ketemu juga deh rumah tujuan. Setelah di kontak, di seberang jalan tampak seorang wanita paruh baya berkerudung coklat mengayuh sepeda ontel asyik sekali menjemput kami...Ternyata itu dia Mbk sulis yang di dumay menamakan dirinya cantik bangetz. Kalau selama ini kita cuman bisa chat lewat Fb dan sms dan hari itu Allah memberikan kita kesempatan untuk bisa bertatap muka langsung...Senyum Salam Sapa membuka pertemuan kita. Dan kitapun disambut dengan hangat, di kawal sampai pintu gerbang rumah...alhamdulillah...akhirnya nyampe juga...

Di meja rumah mbk Sulis sudah penuh dengan dodol buah tangan waktu dia mudik ke Bandung beberapa waktu sebelum itu. Dan seramai dodolnya, ternyata mbk yu sulis gak jauh beda dengan gambaran yang terfikir di benakku selama ini. Seperti namanya MBk Sulis alias Suka Nulis, mbk yu yang satu ini emang sering nulis dan bahkan ada salah satu buah buah tulisannya yang sudah terbit. Lupa judulnya apa :D. Kalau dilihat dari note2 yang sering di tag ke FBku, tulisan yang mengalir dan jarang ada titik dan koma keliatan banget klo orangnya nrocos alias ngomongnya gak berhenti-berhenti..Dan ternyata benar...aslinya juga gt...hehehe...piszzzz...^___* .Tapi gpp malah bagus kan. Tidak ada yang salah dengan suka ngomong. Asal bicara pada tempatnya. Dan yang paling penting yang diomongin bukan cuman tong kosong..ya kan...??? kalau Mbk Salis mah dijamin berbobot obrolannya *ngrayu.com*^___^

 Walaupun KOPDAR pertama itu tidak diadakan mewah, tidak di gedung yang megah dan hidangan ala restoran atau jimbaran, tapi asyik banget lo waktu itu. Kita ngumpul ber 5,  aku, buah hatiku yang gak pernah absen dan selalu hadir disetiap agendaku (kayak amplop sama prangko), teh euis *asli Bogor*, Mbk Ely *asli Bali*, Mbk sulis si tuan rumah, dan pangeran kecilnya si ikhwan. Kalau biasanya simbol yang umum dipakai para geng  “makan gak makan asal ngumpul, kita Ngumpul-ngumpul asal makan. :D Wlaupun yang dimakan cuman rujak manis aja, tapi bener2 bisa mempermanis suasana..cieehh..hiperbolis..eh salah majas ya..uda lupa tuh masuk majas apa..^___^

Rujak Manieezz semanis senyum teh euis..^___^

Pis deh jangan diminta ya rujaknya..hehehe

ikutin sunnah Rasul nieh ye jilatin jari sehabis makan..^__^


Dan yang gak bisa dilupain juga saat itu, kita kan pengen nyante ngobrol2 sambil cari suasana yang baru gt, trus kita cari lesehan yang bisa free hotspot. Kita uda masuk ke sebuah lesehan nih. Uda duduk juga. Tapi setelah difikir2 dan diinget-inget lagi di tempat itu kayaknya tidak bisa kalau cuman pesan minum aja dan akhirnya dengan hormat gak pakek jalan ditempat (petugas pengibar bendera kali.:P) kita ijin untuk keluar. Huuhu karena semua pada bokek gt lo..Uangku saat itu juga gak cukup buat nraktir temen2 semua..Nasib3...Tapi semangat harus terus membara.  
Di tengah terik yang membuat pi2ku seperti kepiting rebus kita berjalan lumayan agak jauh ke tempat lesehan lain yang sepertinya boleh untuk nebeng  hotspot aja. Dan ternyata benar, hanya dengan membayar sepeser rupiah kita bisa ngenet gratis bareng2 sambil ngobrol berteman permen kaki rasa manggo. Tau kan..Permen khas jaman dulu yang masih eksis sampe sekarang. hhmm asyik..Itung2 sambil nostalgia masa2 sekolah yang dulu demen makan permen itu. Dan kalau melet jadi merah semua lidahnya. Asal gak bau kaki beneran aja deh..ahaayyyy....

Pengabadian swit memory
Dari kiri-  Mbk Lely ( Jilbab Pink), Me, Tes Sulis (jilbab coklat), Cia (my beloved daughter ), Teh Euis (Jilbab Hijau)
emak2 pada gaya euuyyy...:D

Waktu beranjak sore, pertemuanpun harus diakhiri. Dan kita semua berharap akan ada kopdar-kopdar berikutnya lagi setelah itu...^___^

Dan KOPDAR ke dua terjadi..

Sebenarnya waktu itu KOPDAR kedua ini dilatar belakangi karena teh euis mau kasi aku file film ASHHABUL KAHFI. Dan sekalian waktu itu dia juga ada acara mau belajar ngrajut di rumah temennya yang ada di daerah Batu, dan ternyata rumahnya itu lumayan deket juga sama rumahku. Dan akhirnya nyambung deh. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui…

Rencana awalnya kita ketemu di masjid waktu dhuhur, sekalian kita ikut shalat jamaah di masjid nur (depan alun-alun Batu). Tapi karena waktu itu mikrolet yang membawa teh euis menuju Batu agak mirip sama kura2, jadinya mereka memprediksi akan nyampek Batu lewat waktu dhuhur. Sehingga mereka minta di jemput di terminal aja. Sambil menunggu kedatangan mereka Aku dan si kecilku ikut jamaah shalat dhuhur dulu di An Nur

Setelah shalat usai, kulihat ada satu sms dan misscall yang baru. Dan ternyata dari Teh Euis. Aku tidak tau sebelumnya, karena waktu shalat itu hape aku silent. Aku telfon balik dan ternyata mereka sudah beberapa menit yang lalu tiba di terminal. Akupun segera meluncur ke terminal untuk menjemput tamu2 agungku.

Aku tengak-tengok ke setiap sisi terminal. Berhenti di satu titik, aku liat sosok yang sudah tidak asing lagi keluar dari samping pos polisi. Habis laporan kebingungan kali..hehehe..Dan bersama Teh Euis ada seorang akhwat cantik berkacamata yang belum aku kenal. Ternyata namanya Mbk Nia. Dia temen seperjuangannya teh euis tapi asli Probolinggo. Dari critanya katanya sih Mbk Nia tuh sekelas sama The Euis, sama2 jurusan pertanian, sama-sama anak kos, dulu juga penelitiannya bareng, sama-sama anak bontot, sama-sama lagi pusing cari kerjaan dan sama-sama lagi cari jodoh..komplit, mie pakek telor setengah matang setengah mentah...wkwkkwk

Senyum Salam Sapa..SO pasti..gap pakek lama kitapun menuju ke rumah singgahku.
Setelah banyak ngobrol tidak terasa maghrib menggema. Waktunya sudah kelewat. Padahal sebelumnya Teh Euis punya janji sama temennya untuk belajar merajut ba’da ashar. But it’s okey..Karena emang uda janjian, maka Ba’da maghrib kita meluncur ke rumah temen Teh Euis itu. 

Alhamdulillah aku dapet temen  baru lagi. Namanya Mbk Reni. Terus terang aku uda lama bgt pengen bisa merajut tapi belum pernah kesampean. Dan melalu Teh Euis aku akhirnya bisa kesampean belajar merajut. Walaupun keliatannya simple bgt tapi ternyata setelah dicoba agak rumit dan ribet juga ..:D

Konsen ikutin intruksi Bu Reni si mentor (pakek bando pink)


Teh Nia nih yang cepet banget nyantolnya. Baru diajari beberapa kali aja uda berhasil prakteknya. Lah aku....ntantol2 mulu, tapi yang nyantol benangnya alias kesrimpet-srimpet. Selidik punya selidik..Awalnya diprediksi karena jarum kebesaran. Uda ganti jarum, tetep gak bisa. Prediksi ke dua, benangnya yang mudah pecah serabutnya jadinya agak sulit masukinnya. Uda ganti benang..tetap belum berhasil..

gimana sih kok gak bisa2...hhmm

Teh Euis melihat aku dengan penuh keheranan  dan sibuk menjadi dosen dan komentator..( dia sendiri nyoba juga gak bisa2 soalnya) hehehe...Tapi setelah pantang menyerah dan mencoba terus, alhamdulillah berhasil juga..Walaupun cuman bisa masukinn satu benang aja..:D ..

senangnya walau cuman bisa satu tusukan...^___*


Sementara aku liat mbk Leli uda berhasil bikin untaian rajutan lumayyan panjang...
Lagi seru-serunya, tiba-tiba…. anakku mau buang air kecil..Karena di rumah temen Teh Euis rumahnya sedang direnovasi dan toiletnya masih belum ada, akhirnya aku antar Cia ke toilet alun-alun kota Batu. Padahal lumayan jauh juga. Tapi gpp, ada hikmahnya. Sekalian jalan-jalan, karena Teh Euis dkk belum pernah tau gimana wajah baru alun-alun kota Batu. *Sekalian biar bias masuk ke Toilet bentuk apel*.
Ngesot di depan Toilet..wkwkwk
Karena itu emang the first time for them so cuek kayak bebek deh kita disana. Narsisnya keluar. Nih Dia coba liat.

di samping lampion jeruk
Kelincinya hanya bisa diem seribu bahasa didudukin..hehe
Di bawah gunung apel dan kereta gantung


Batu yang lumayan dingin bikin perut pengen diisi yang anget-anget. Dan kebetulan waktu itu masih ada penjual tahu campur di depan masjid yang masih jualan. Inilah nongkrong pertama kaliku sejak aku jadi emak-emak...HHHmmmm...

tukang tahu campurnya mumpang nampang...tapi sayang wajahnya gak keliatan..hhehe

Teh euis : "giman wajahku uda cantik blm..??" ^___^



KOPDAR 3 Happened..

Teh euis: “ Teh Ika ahad ada taklim jam 9 sampe dhuhur di sekitar kosan”

Aku: “ Okey deh, moga Allah kasi aku jalan kemudahan biar bisa dateng.”

Dan alhamdulillah kalimat “selalu ada jalan untuk kebaikan” berlaku lagi. Aku dapat ijin untuk pergi. HHHmmm  senengnya…^____^..

Aku kemudikan tungganganku agak cepat karena aku rasa uda telat bgt. Taklim jam 9, sementara jam setengah sembilan aku masih mulai tancap gas dari rumah. Hmmmm..

Kurang lebih 40 menit aku menembus kemacetan hari minggu dan alhamdulillah aku selamat sampai depan pintu gerbang POLTEK. Aku coba kontak Teh Eauis, telilitt..telilittt…*bunyi telfon jaman selulit..wkwkw*

Aku: “ The masih posisi dimana nih?
Teh aku masih di pasar minggu karena ada sesuatu yang dibeli jadi maaf aku agak telat ya”. Suara dari seberang aku dengar dari lubang ponsel. Emang ponsel apaan ada lobangnya..hehehe..ya gt deh, yang penting bukan lubang buaya aja ^___^

Diiringi lantunan nasyid mitra yang selalu on menemani sepanjang perjalananku, dan dzikir juga pastinya, lumayan memadamkan teriknya udara kota Malang. Bertenger di sebuah pelataran depan digital printing yang miring, aku berusaha sabar menuggu temen-temen lain datang dari pasar sambil nitilin *bahasa apaan tuh..???:D* maksudnya daripada diem aku makan aja camilan-camilan punya anakku yang sengaja aku bawakan dari rumah. Mumpunng saat itu dia lelap tidur gt lo..Waduh emak apaan tuh makan jajanan anaknya..:D..Tapi aku masih punya hati kok..Yang pelmen bentuk buayanya gak aku makan juga..:D 

Matahari semakin tinggi, tapi Teh Euis belum juga keliatan batang hidungnya. Beberapa menit lagi aku bertahan untuk bersabar, ..Akhirnya keliatan juga batang pohon anggurnya. Maksudnya waktu itu Teh Euis pakek baju ungu, makanya aku bilang kayak anggur..^____^

Walaupun harus terima predikat siswa telatan karena taklim uda ketinggalan jauh waktunya, tapi semangat untuk menuntut ilmu tidak surut. Tanpa basa-basi Kita meluncur ke tempat taklim..

Alhamduliillah. Pemandangan baru, suasanya baru yang aku dapet lagi hari ini. Masjid Qalbun SAlim yang berada di daerah UIN menjadi tempat baruku menuntut ilmu. Bertemu dengan akhwat2 yang luar biasa. Mayoritas jamaah taklim adalah mbk2 yang sudah bercadar. Subhanallah. Kegigihan dan komitment mereka dalam menjaga hijab, membuat hati merasa perlu banyak lagi yang harus diperbaiki dari sini. Ada yang harus  dilebarkan lagi, ada yang harus ditebalkan lagi. HHmmm...

Karena kajian berakhir tepat menjelang adzan dhuhur, so aku sekalian ikut shalat di masjid itu. Dan setelah itu baru kita pergi ke tempat kos Teh Euis.

Beberapa menit aja kita uda ada tiba di kos…

Ada sosok berhidung mancung ala Arabian sudah berada di depan pintu gerbang kos. Owwch ternyata Mbk Sakinah, temen Teh Euis yang emang sengaja diundang ke kosan untuk diskusi dengan kita. Senangnya dapet temen baru lagi...^___^

Ini juga pengalaman pertamaku main ke tempat kos lo. Beruntung banget, aku bisa tau dan bisa merasakan gimana jadi anak kos. Walaupun secara pribadi aku emang tidak pernah jadi anak kos beneran, tapi aku bisa bayangin gimana rasanya harus jauh dari ortu, tinggal di daerah lain pula. Tapi aku salut, alhamdulillah Teh Euis dan Mbk Nia termasuk akhwat yang bisa menjaga harga dirinya sehingga walaupun jauh diperantauan dan jauh dari pantauan langgsung ortunya, teh euis tidak jadi salah satu korban kenakalan remaja. Dan aku bisa belajar dari temen-temen itu. Betapa ternyata jaman sekarang masih ada juga gadis-gadis yang Rindu hidup di jalan Allah..Semoga aku termasuk salah satunya..eheemmm ..Ikaaaa…kamu kan bukan gadis lagi *ngomong ke diri sendiri* ^___^

OOhhh nasib anak kos… Tidak ada waktu buat masak, jadinya kalau laper, yaaa ngandalin jasa para pedagang nasi. Dan siang ini aku ikut rasain juga. Having lunch ala upin ipin, sebungkus nasi dan SEDAPNYA AYAM GURENGG..Ohh atukkk..hehehehe...

Inilah kamar mungil yang menjadi saksi ukhuwah kita...

senyum close up...^__^


Mbk Nia demen mereeemm...

Tapi sayang karena waktu tidak terasa sudah jam setengah lima sore, itu menandakan aku harus segera cabut...GIGI...eh salah..Cabut alias pulang maksudnya...:D

So what a sweet memory today...

Shalat Dhuhur di masjid Qlabun Salim, Ashar di Masjid Muhajjirin. Dan karena tadi detik-detik menjelang adzan maghrib perjalan ke rumah masih lumayan jauh, jadinya aku singgah di sebuah masjid, *aku lupa liat nama masjidnya*..:D...

Katanya di hari kiamat nanti, bumi tempat kita melaksanakan shalat juga akan bersaksi atas amal kita. Jadi semakin banyak tempat yang pernah kita gunakan untuk shalat, maka akan banyak juga yang bersaksi untuk kita. Wallahu’ala bishawab..

Alhamdulillah hari ini aku mendapat banyak sekali pengalaman baru. Semoga Allah selalu memudahkan aku dan Sohibika (sahabat Ika) semuanya untuk menuju tempat-tempat berkumpulnya hamba-hamba Allah yang shaleh... Amin




4 comments:

  1. "Teh Euis melihat aku dengan penuh keheranan dan sibuk menjadi dosen dan komentator..( dia sendiri nyoba juga gak bisa2 soalnya) hehehe..." >>> serunya jadi komentator... hihihi gara2 frustasi g bisa2 masukin benang ;))hadehh ternyata stelah q cuba... susaaahhh jg :(. but now i can do it ^^. alhamdulillah... come on buka galeri rajut muslimah :D

    ReplyDelete
  2. Teh Euis masih punya hutang ngajarin aku lo ya...SAyang di KOPDAR ke tiga kita terlalu asyik sama diskusinya dan waktu yang mefet so gak sempet nyentuh2 benang...eehhh..kayaknya seru juga tuh bikin rumah rajut ya....hhhmmm...^___*

    ReplyDelete
  3. emang bener kata seorang pujangga:
    فَلا تَعْدُدِ الْمَوْلى شَريكَكَ في الغنى ♥ وَلكنَّما الْمَوْلى شَريكُكَ في العُدْم
    kata orang Banyuwangi
    "a friend in need is a friend indeed" :)
    semoga Q juga memperoleh dan merasakan persahabatan seperti apa yg sampean rasakan teh... amien.. :)

    ReplyDelete
  4. Aamiin..smoga mas..
    btw baru tau aku klo orang Banyuwangi bahasanya keren bgt :D. Kirain itu bahasa Madura punya..hehehhe..

    ReplyDelete

Download