Assalamu'alaikum

Tiada kesempurnaan hari tanpa dimulai dengan pagi...Tiada kesempurnaan ibadah tanpa dimulai dengan Bismillah...Tiada kesempurnaan lisan tanpa di Mulai dengan Tersenyum ^___^ Assalamu'alaikum..Selamat berlayar di samudra Inspirasiku...Semoga sedikit yang aku tuang bisa bermanfaat untuk semua...Salam Persahabatan...^____^




Friday, January 6, 2012

Superman Lampu


Tidak terasa sudah hampir 4 tahun aku menjadi seorang ibu. masih lekat dalam ingatan bayi mungil yang seolah beberapa hari lalu masih berada dalam buaian, segala aktivitasnya membutuhkan bantuanku sepenuhnya, tapi kini dia sudah berlatih untuk mandiri. . Kemandirian itu sudah dia mulai dari hal yang sepele,  misalnya makan sendiri, bikin susunya sendiri, mandi sendiri, ganti baju sendiri, membantuku untuk mencuci gelasnya, sampai mengoperasikan beberapa program komputer. Ya, putriku memang sedang mencoba untuk melakukan beberapa hal dengan kemampuan dirinya sendiri...


Seringkali saat dia ingin berusaha melakukan sesuatu dengan kemampuan dirinya sendiri, dia benar-benar tidak mengijinkan seorangpun untuk membantunya termasuk aku. Dia akan marah kalau ada seseorang  yang  memaksa untuk membantunya . Di awal, jujur aku memang agak tersulut misalnya saat dia minta mandi sendiri  karena aku takut tidak bersih, aku memarahinya saat ingin berusaha membuat susu sendiri karena aku tidak mau susunya jadi tumpah dan beratakan. Tapi kemudian aku sadar, tidak ada segalanya yang langsung sempurna. Justru saat inilah memang waktunya dia sedang belajar untuk menjadi bisa. Kalau aku tidak memberikan dia kesempatan untuk belajar hanya karena alasan2 kotor dll, bagaimana dia akan menjadi bisa...?? Apalagi dengan memberinya kesempatan untuk mencoba melakukan hal-hal baru maka sama saja aku sedang menumbuhkan rasa percaya dalam dirinya. Maafkan Mama sayang yang belum sepenuhnya memahami kehidupanmu....:-)

Ohh..menjadi orang tua memang dibutuhkan sebuah proses belajar yang tiada henti untuk bisa memahami dan menyikapi setiap tahap perkembangan buah hati kita dengan penuh kebijkasanaan. 

Dan luar biasanya, Putriku tidak hanya belajar untuk bisa mengurus dirinya sendiri. Sekitar dua hari yang lalu, saat aku akan berangkat ke studio tiba2 aku ingin ke kamar mandi. Saat keluar dari kamr mandi, putriku sudah berada di samping kamar mandi. Dengan penuh antusias dia memanggilku.

“Ma, itulo aku uda bikinin ma2 susu. Liaten dulu Ma di meja. Habisin ya susunya.” Putriku memberitahuku dengan antusias

“ hhmm iya...” sahutku membalasnya ucapannya...

Aku fikir dia hanya bercanda. Aku lihat di atas meja ada gelas plastik berwarna pink dan sendok di dalamnya.
Aku menuju meja makan dan berencana untuk pura2 meminumnya untuk menuruti keinginannya. Tapi saat kulihat di dalam gelas ternyata memang benar-benar ada isinya...setengah gelas susu putih. Aku langsung ingat sesuatu... Beberapa waktu sebelumnya aku memang menelungkupkan kaleng susu yang sudah hampir habis di atas gelas untuk mengelurkan sisa-sisa isinya. Dan kemungkinan dari situlah putriku mengira bahwa aku ingin membuat susu sehingga dia berusaha untuk membantuku untuk membuat segelas susu.

“Habisin ya ma susunya.” Pinta putriku yang sedang berdiri disampingku dengan wajah polosnya .

“gleeekkk...”  Tanpa pikir panjang aku meminum habis susu itu,..

Air yang dia gunakan untuk menyeduh susu ternyata air dingin. Agak mual juga sebenarnya aku meminumnya. Karena sebelumnya aku sudah meminum segelas susu setelah sarapan. Tapi demi menghargai putriku dan aku tidak ingin mengecewakannya jadilah aku tetap meminumnya seolah susu itu benar2 enak..

“ Makasi ya sayang mama2 uda dibikinin susu.” Ucapku sambil mengelus kepala putriku.
“ Iya, aku pinter kan Ma...kan uda besar.” Jawab putriku dengan senyum bangganya.
“Iya dong anak Mama emang pinter.”
* Dan setelah itu berulang kali aku ke kamar mandi :D*

*****


Kelucuan putriku terjadi lagi pagi ini. Saat aku sedang mencuci piring tiba-tiba dia menghampiriku. Dia membisikkan sesuatu padaku...
“ Ma, belikan aku baju Superman ya..” pintanya berbisik di telingaku.
Aku kaget mendengar permintaan putriku kali ini karena dia memang tidak pernah meminta itu sebelumnya.
“Memang buat apa..?? ". Tanyaku penasaran
“Aku mau pakek baju superman biar bisa terbang. Aku mau nyalakan lampu Ma...” Jawabnya lugu
“ Wkwkkwkw ....#$%@!*&”.  Aku tergelak...

Mungkin permintaan baju superman itu juga akibat dari keinginan untuk mandiri. Kalau selama ini dia bisa berusaha mandiri melakukan hal2 yang bisa dia usahakan, tapi untuk mematikan dan menyalakan lampu memang selama ini dia masih sering meminta bantuan karena tinngi badannya belum cukup sehingga otomatis dia belum bisa menjangkau saklar lampu. Diam-diam ternyata kondisi itu dia fikirkan. Sejak tinggal di rumah neneknya memang aku sering memergoki dia melihat film Superman kocak. Saat dia melihat ada adegan terbang itulah mungkin memudian inspirasi itu muncul. Dia merasa baju superman bisa menjadi solusi dia. Karena  dengan memakai baju superman dia mengira nantinya dia bisa terbang seperti adegan yang dia lihat dalam film. Sehingga dengan begitu dia bisa menyalakn dan mematikan lampu tanpa meminta pertolonganku..^____^

Lucuuuunnnyaaa putrikuu..
Bersyukur sekali Allah menganugrahkan seorang putri yang sangat lucu. Semoag dia tumbuh menjadi anak yang cerdas, soleha, berbakti dan menjadi penyejuk mata kami orang tuanya. Smoga Allah senantiasa memberiku kesabaran agar aku bisa menemani masa-masa perkembangannya, merawat dan mendiidiknya dengan baik. 

I Love U my dear .....




No comments:

Post a Comment

Download